Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Punggung yang Sering Tidak Disadari

Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Punggung – Nyeri pada punggung dapat mempengaruhi kegiatan Anda setiap hari. Selain menyebabkan rasa sakit di area belakang tubuh, hal tersebut pun dapat merusak bentuk tubuh.

Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Punggung

Banyak pemicu yang bisa menyebabkan timbulnya nyeri punggung. Tanpa diketahui dan disadari, kebiasaan kebiasaan buruk yang sering dilakukan setiap hari dapat menjadikan pemicu timbulnya nyeri punggung.

7 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Punggung yang Tidak Kita Sadari

  1. Memikul Muatan Berat

Kebiasaan memilikul tas dengan muatan yang berat dapat mempengaruhi keadaan punggung dan menjadikan tubuh tidak stabil. Maka untuk itu, cobalah untuk tidak memikul barang yang sangat berat di dalam tas atau ransel. Muatan yang optimal dan aman untuk dipikul yaitu 10 % dari berat tubuh Anda.

  1. Memakai High Heels

Hak sepatu yang tinggi dapat mendukung penampilan perempuan. Tetapi dengan demikian, memakai sepatu dengan hak yang sanggat tinggi beresiko menimbulkan nyeri punggung dan menawarkan banyak tekanan di bagian tumit dan lutut.

  1. Selalu Emosi

Menahan kekesalan dan amarah dikenal dapat menghindari hingga menurunkan rasa nyeri atau sakit yang timbul di tubuh. Emosi yang membara bisa menjadikan otot kaku dan secara langsung dapat menimbulkan rasa nyeri atau sakit di sejumlah area tubuh seperti punggung. Bukan itu saja, kemarahan pun tidak baik bagi kejiwaan.

  1. Duduk Dalam Waktu Lama

Jika duduk dalam waktu lama ketika bekerja dapat merusak bentuk tubuh yang akan menimbulkan sakit di otot punggu. Duduk dalam waktu lama pun menghasilkan 50 % beban tubuh di tulang belakang. Jika pekerjaan mengharuskan Anda duduk dengan waktu yang panjang, yakinkan posisi duduknya tepat, yaitu tidak terlalu membungkuk dan tidak terlalu tegak.

  1. Pikiran Stres

Jika pikiran sedang stres, jadi semua tubuh pun dapat menjadi stres juga. Otot di area belakang dan leher dapat menderita ketegangan. Apabila Anda selalu stres dan tidak segera menanganinya, otot tersebut pun tegang, dan kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit di area belakang tubuh. Maka dari itu, apabila Anda menderita stres, Anda wajib secepatnya menanganinya.

  1. Kurang Berolahraga

Olahraga dapat memperkuat otot dan juga bermanfaat untuk membantu punggung. Jika kurang berolahraga, kekuatan tulang belakang dapat melemah dan otot menjadi kendur. Menerapkan peregangan di area punggung adalah salah satu tips menurunkan rasa nyeri punggung.

  1. Kerap Mengkonsumsi Junk Food

Makanan junk food biasanya memiliki kandungan tinggi kalori tetapi nutrisinya sangat sedikit sehingga bisa menimbulkan obesitas atau kegemukan. Berat badan tubuh yang meningkat umumnya dapat menimbun di area punggung. Obesitas dapat menimbulkan pinggul menjadi maju kedepan dan bisa mendorong tulang belakang. Dan orang yang mempunyai badan gemuk pun bersiko tinggi terserang osteoporosis.

Itulah beberapa kebiasaan buruk penyebab sakit punggung yang sering tidak kita sadari dan kita lakukan setiap hari. Maka, bagi Anda yang memiliki kebiasaan kebiasaan di atas segeralah menghentikannya agar tidak mengalami nyeri punggung yang lebih buruk serta dapat membahayakan diri Anda.

Category: Tips Tips Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *